9 Mei 2024
INFODIS.ID
INFO BISNIS

Rahasia Raih Untung Penuh Berkah di Bulan Ramadan: Strategi Jitu untuk Brand Lokal

Jakarta, infodis.id – Indonesia dinobatkan sebagai negara dengan populasi Muslim nasional terbesar di dunia, dengan umat Muslim di Indonesia mencapai 86,7 persendari seluruh populasi nasional (RISCC, 2023) atau setara dengan 240,62 juta jiwa. Angka populasi umat Muslim ini nyatanya bukan hanya soal angka demografi, namun juga merupakan ceruk pasar menggiurkan bagi para penjual di eCommerce. Untuk memenuhi kebutuhan masyarakat yang melesat jelang bulan Ramadan, brand, dan penjual lokal harus gesit dalam menyusun berbagai strategi pemasaran untuk menjawab kebutuhan konsumen.

Rika Yeo, seorang mentor bersertifikasi LazStar Trainer dan juga pemimpin komunitas penjual Lazada atau City Leader Lazada Club, dalam Lazada Ramadan Seller Festival 2024. Lazada Ramadan Seller Festival 2024 sendiri adalah acara Lazada yang digelar Lazada pada 13 Maret 2024 yang memberikan ruang wawasan baru bagi brand dan penjual lokal agar bisa mempersiapkan strategi bisnis dan pemasaran untuk menghasilkan lonjakan transaksi online di bulan Ramadan.

“Sebagai seorang pemilik brand ataupun penjual di platform online, kamu memiliki kesempatan untuk mempelajari performa toko kamu dan menggunakan data penjualan yang bisa didapatkan secara real time untuk dijadikan referensi penyusunan strategi bisnismu. Khususnya di bulan Ramadan ini, jadikanlah momentum ini kesempatan untuk boost trafik toko dan memicu perkembangan bisnis hingga setelah Lebaran nanti,” kata Rika.

Rika yang juga merupakan Alumni Alibaba Netpreneur menjelaskan bahwa selalu terjadi peningkatan omset selama bulan Ramadan, yang rata-rata mencapai puluhan persen. Tingkat konsumsi masyarakat di bulan Ramadan memang biasanya meningkat, termasuk dengan adanya tradisi berbagi yang kental di bulan suci ini.

Secara umum, brand lokal akan mendapat keuntungan berlipat dengan strategi yang secara tepat menargetkan pola pengeluaran masyarakat Indonesia. Secara khusus, beberapa kategori diperkirakan akan meningkat secara signifikan yaitu kategori Food & Beverages (43 persen), Fashion & Accessories (27 persen), dan Beauty & Personal Care (20 persen) jelang bulan Ramadan tahun ini (YouGov, 2024). (ery)

Related posts

Percepatan Lingkungan Kerja yang Aman bagi Perempuan Jadi Salah Satu Isu Prioritas G20 EMPOWER

adminredaksi

Kopi Kenangan Buka Gerai di Malaysia

adminredaksi

Jaga Ketenangan Nasabah, LPS Kucurkan Klaim Simpanan Nasabah Rp237 miliar