15 April 2024
INFODIS.ID
HeadlineINFO DAERAH

Besok, Dewan Surabaya Panggil Kabag Pemerintahan Terkait Kegiatan “The Great Leader 2045” yang Diduga Sarat Muatan Politis

Surabaya, infodis.id – Besok, Selasa (14/11/2023), Dewan Kota Surabaya dipastikan akan memanggil bagian Pemerintahan dan Kesra untuk meminta klarifikasi terkait dengan kegiatan bertajuk “The Great Leader 2045” yang diduga sarat muatan politis.

“Ya, besok kita akan penggil bagian pemerintaham dan kesra, dijadwalkan pukul 13.00 WIB,” jelas Ketua Komisi A DPRD Surabaya, Arif Fathoni saat dikonfirmasi melalui pesan singkat via Whatsapp (WA), Senin (13/11/2023) malam.

Informasi yang berkembang, kegiatan tersebut dihadiri Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi, Ketua Karang Taruna Surabaya Fuad Bernardi, dan para juru bicara kampanye capres tertentu, serta sejumlah tokoh masyarakat dibiayai Bagian Pemerintahan dan Kesra.

Menurut Arif Fathoni, dalih keberpihakan Pemkot Surabaya terhadap anak muda dalam acara tersebut tidak semestinya kemudian dimanfaatkan untuk kepentingan politik kalangan tertentu.

Sementara itu, politisi Partai Demokrat Kota Surabaya, Mahmud, menilai Kegiatan “The Great Leader 2045” adalah kampanye dengan judul dan kemasan berbeda. Dimana isinya, wali kota datang, dan Ketua Karang Taruna juga datang.

Mahmud menjelaskan, bahwa kedua tokoh yang hadir diacara tersebut, yakni Walikota dan Ketua Karang Taruna sama-sama politisi.

“Dan kebetulan ketua karang tarunanya caleg dari Partai yang sama dengan Walikota Surabaya,” jelas anggota Komisi A DPRD Surabaya ini.

Nuansa politiknya semakin kental, acara yang diduga menggunakan APBD kota Surabaya itu mengundang tokoh masyarakat yang terkait dengan Partai tertentu.

“Dihadiri juga dari jubir-jubir capres tertentu yang dicalonkan oleh Partai itu. Menurut saya kemasannya terlalu kasar yang seharusnya tidak terjadi,” katanya.

Tidak hanya mengundang Jubir-jubir Capres-Cawapres tertentu, Mahmud juga mengungkap, bahwa pada acara tersebut, ada mobilisasi Lurah, dan Camat.

“Ada mobilisasi lurah dan camat. Dan, para undangan dikasih kaos warna merah. Jumlah kaosnya kurang lebih 5 ribu kaos,” terangnya.

Diberitakan sebelumnya, kegiatan yang diinisiasi Pemkot Surabaya dan karang taruna mendapat sorotan sejumlah pihak, salah satunya Komisi A DPRD Kota Surabaya (baca: Kegiatan yang Diinisiasi Pemkot Surabaya di DBL Disorot).

Pasalnya, kegiaatan bertajuk “The Great Leader 2045” yang digelar di DBL Arena di Jalan Ahmad Yani Surabaya pada 7 November 2023 diduga sarat muatan politis lantaran menggunakan anggaran dari APBD Kota Surabaya. (isa)

 

 

 

Related posts

Sepanjang Tahun 2022 DPKP Kota Surabaya Tangani 1400 Kejadian, Terbanyak Evakuasi Hewan

adminredaksi

Giliran Kantor Gubernur Jatim Digeledah KPK

adminredaksi

Ditunjuk Jadi Tuan Rumah, ITS Gelar Penyisihan KRI 2022 Wilayah I dan II

adminredaksi