7 Mei 2024
INFODIS.ID
INFO BISNIS

Midtrans Tawarkan Layanan Invoicing untuk Pelaku Usaha

Jakarta, infodis.id – Midtrans, bagian dari GoTo Financial, hari ini mengumumkan peluncuran Midtrans Invoicing, sebuah solusi pengelolaan invoice secara otomatis yang dirancang untuk membantu UMKM dalam melakukan penagihan ke pelanggan dengan lebih mudah dan efisien.

Midtrans Invoicing hadir sebagai jawaban atas kebutuhan para pemilik usaha yang masih banyak mengandalkan kuitansi atau faktur manual dalam proses penagihan. Hal ini tentu saja tidak praktis dan dapat menyulitkan dalam melacak pembayaran.

“Lewat Midtrans Invoicing, pemilik usaha dapat memanfaatkan layanan invoice elektronik yang dilengkapi dengan pengingat otomatis dan link pembayaran. Fitur ini membantu mempercepat proses penagihan invoice ke pelanggan sehingga diharapkan arus kas perusahaan lebih lancar dan operasional perusahaan menjadi lebih efisien,” ujar Haryanto Tanjo, Group Head of Merchant Services GoTo Financial.

Keunggulan Midtrans Invoicing:

  • Membuat invoice secara otomatis: Tinggalkan cara lama pembuatan invoice manual dan beralih ke sistem tagihan elektronik yang dibuat secara otomatis, termasuk rekonsiliasi pembayaran. Invoice dibuat dengan tampilan lebih profesional dan dapat disesuaikan dengan kebutuhan usaha.
  • Terima pembayaran lebih cepat dan tepat: Midtrans Invoicing dilengkapi dengan pengaturan pengingat pembayaran otomatis untuk klien, sehingga pembayaran dapat diterima lebih cepat dan tepat. Pelanggan bisa memilih beragam pilihan pembayaran mulai dari transfer bank, virtual account, hingga Payment Link untuk memfasilitasi pembayaran kartu debit/credit atau QRIS.
  • Buat banyak invoice sekaligus dengan sistem API: Percepat proses pembuatan invoice sekaligus untuk layani pelanggan dalam jumlah banyak melalui unggahan file CSV. Midtrans menyediakan API bagi tim developer dan pemilik bisnis agar dapat mengintegrasikan proses invoicing dengan sistem akuntansi yang digunakan.
  • Sentralisasi seluruh pemasukan dan pengeluaran di satu dashboard: Setelah pemilik usaha menerima dananya lewat transaksi online, mereka dapat langsung menggunakan dana tersebut untuk pembayaran kebutuhan operasional usaha, mulai dari pembayaran vendor hingga gaji karyawan, tanpa harus melakukan penarikan terlebih dahulu. Dengan laporan terintegrasi di dalam satu dashboard, pemilik usaha bisa lebih mudah melakukan rekonsiliasi laporan dan pemantauan keseluruhan transaksi.

Midtrans Invoicing dapat dimanfaatkan pelaku usaha di berbagai sektor, mulai dari UKM, penyedia jasa, distributor beragam produk, dan lain sebagainya. Contohnya, penyedia jasa event organizer dapat menggunakan Midtrans Invoicing untuk pembayaran uang muka dan pembayaran penuh oleh klien. Tak hanya itu, bidang usaha lainnya seperti agen perjalanan dapat menggunakan Midtrans Invoicing untuk merilis invoice ke beragam klien sekaligus sesuai dengan paket perjalanan yang dibeli.

Valensio, pemilik dari Campsite Indonesia, salah satu pelanggan awal Midtrans Invoicing, mengakui kemudahan yang dihadirkan oleh layanan ini.

“Sebagai pemilik usaha, fitur invoice dari Midtrans telah mentransformasi proses pembayaran pelanggan. Pengiriman tagihan jadi lebih mudah,” ujar Valensio.

Sebelumnya, Valensio dan timnya harus menggunakan tiga software untuk membuat satu invoice, memasukkan detail penagihan ke spreadsheet, membuat payment link, mengirimkannya lewat pos, dan mendata setiap pembayaran secara manual. Hal ini tentu saja memakan waktu dan berisiko terlewatnya pengingat pembayaran, sehingga berdampak kepada pemasukan perusahaan.

Dengan Midtrans Invoicing, Valensio dan timnya dapat mengelola bisnis dengan lebih praktis dan efisien.

Informasi lebih lanjut mengenai Midtrans Invoicing, dapat diakses melalui tautan berikut.(ery)

Related posts

SPTP Setor Kewajiban Kepada Negara Rp 1,36 Triliun

Editor: [ Iskandar Pribowo ]

SIG Raih Tiga Penghargaan dari Kementerian ESDM

Indosat Ooredoo Hutchison Raih Sertifikasi Efisiensi Energi, Komitmen Lingkungan yang Nyata

Editor: [ Hary Prasodjo ]