30 April 2024
INFODIS.ID
HeadlineIndeks BeritaINFO BISNIS

Riset LD FEB UI Sebut Kontribusi Ekosistem Gojek kepada PDRB Surabaya

Temuan menarik lainnya dari riset ini adalah bagaimana layanan Gojek telah menjadi pilihan utama bagi konsumen di Kota Surabaya, serta kemampuan ekosistem Gojek mendukung mitra-mitranya selama pandemi sehingga mereka optimis terhadap pemanfaatan platform online sebagai tempat mencari nafkah dan ingin terus bermitra dengan Gojek ke depannya. Temuan-temuan utama riset ini adalah sebagai berikut:

● Ekosistem Gojek menjadi pilihan utama warga Surabaya
○ 86% dan 93% konsumen selalu/lebih sering memanfaatkan layanan GoRide dan GoCar
○ 87% konsumen selalu/lebih sering menggunakan layanan GoFood
○ 83% konsumen selalu/lebih sering memanfaatkan GoSend

● Mitra mendapatkan banyak manfaat dari platform online sebagai tempat mencari nafkah
○ 2/3 mitra driver memprioritaskan fleksibilitas waktu dalam kemitraan dengan Gojek. Fleksibilitas ini memungkinkan mereka membagi waktu antara pekerjaan dan keluarga
○ 9 dari 10 mitra driver GoRide menyatakan mereka tetap dapat memiliki pendapatan selama pandemi untuk menafkahi diri dan keluarga melalui kemitraan dengan Gojek
○ Mayoritas mitra GoRide dan GoCar menyatakan kemitraan dengan Gojek meningkatkan kualitas hidup mereka
○ Mitra mengapresiasi berbagai dukungan yang diberikan Gojek seperti potongan harga dari program Swadaya, inisiatif menjaga keamanan, kesehatan. dan higienitas mitra, serta layanan kepesertaan BPJSTK/asuransi

● Keandalan ekosistem dan solusi Gojek membantu UMKM dan pengusaha pemula terus tumbuh di tengah pandemi
○ Pendapatan Mitra UMKM GoFood Surabaya rata-rata naik 66% di tahun 2021 dibandingkan tahun 2020
○ 1 dari 7 mitra UMKM di Kota Surabaya bergabung ke GoFood saat pandemi
○ 1 dari 3 mitra UMKM adalah pengusaha pemula yang langsung go-digital
○ 4 dari 5 UMKM percaya GoFood mendorong pertumbuhan usaha. Manfaat utama yang dirasakan UMKM dari kemitraan dengan GoFood adalah 1) kesempatan untuk ikut dalam program promosi GoFood, 2) perluasan akses pasar, 3) kemudahan pengelolaan operasional melalui aplikasi GoBiz, dan 4) pelatihan kewirausahaan ○ Sebagian besar UMKM menganggap biaya komisi GoFood sudah sesuai dengan manfaat yang didapatkan

Related posts

Warga Desa Bangun Tagih Janji Pemkab Mojokerto Soal Hilangnya TKD

FPTHSI Berharap Ketua DPD RI Peduli Nasib Ratusan Tenaga Honorer Solok Selatan

adminredaksi

Langkah Bupati Ipuk Galang Gerakan Sungai Bersih

adminredaksi