15 April 2024
INFODIS.ID
INFO PENDIDIKAN

Hadiri Wisuda Universitas Terbuka Surabaya, Gubernur Khofifah Harap Wisudawan Mampu Jadi Enabler Leader

Surabaya, infodis.id – Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa menghadiri secara langsung prosesi wisuda sebanyak 1.835 wisudawa dari berbagai fakultas Universitas Terbuka Surabaya yang digelar di Airlangga Convention Center (ACC), Minggu (12/11/2023).

Gubernur Khofifah berharap para memberikan pengarahan kepada wisudawan tersebut agar mampu menjadi enabler leader atau pemimpin pemungkin. Ini penting, karena bisa menjadi bekal untuk menghadapi berbagai dinamika global yang mungkin terjadi saat ini. “Pada posisi ini, coba kita tanamkan pada diri kita untuk menjadi enabler leader sekaligus game changer. Bagaimana keluar dari keterbatasan dan menemukan peluang luar biasa,” ujar Gubernur Khofifah.

“Para wisudawan sekalian juga kami harap memiliki mental pejuang yang tidak takluk pada ketidakmungkinan. Sehingga mampu menjadi bagian dari solusi bukan menjadi bagian dari persoalan,” tambah Khofifah.

“Keberadaan cendikia maupun akademisi dengan berbagai keilmuan yang cukup sangat kita perlukan untuk kebutuhan strategis yang sangat urgent saat ini, yaitu pemenuhan SDM untuk memberseiringi kemajuanĀ  industri manufaktur,” tandasnya.

Lebih lanjut dijelaskan Khofifah, hal ini menjadi penting mengingat perkembangan industri manufaktur Jawa Timur cukup signifikan. Pasalnya, Jawa Timur berhasil melampui target Indonesia untuk mencapai industri manufaktur 30 persen pada 2045. “Padahal tahun 2022 kemarin kita sudah mencapai 31,34 persen. Mei 2024 besok insya Allah industri manufaktur kita sudah mencapai 35 persen. Untuk itu, kita butuh sangat banyak pakar yang berseiring dengan perkembanganĀ  industri manufaktur di Jawa Timur,” katanya.

Selain itu, sebut Khofifah, hal ini juga sejalan dengan empat pilar pencapaian visi Indonesia Emas. Yaitu Pembangunan Manusia serta Penguasaaan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi, Pembangunan Ekonomi Berkelanjutan, Pemerataan Pembangunan, serta Pemantapan Ketahanan Nasional dan Tata Kelola Kepemerintahan. “Saya berharap bahwa semua para wisudawan bisa bersama-sama bisa memiliki pikiran-pikiran cerdas, gagasan-gagasan, proyek-proyek penelitian yang strategis. Sehingga cita-cita untuk mewujudkan Indonesia Emas 2045 bisa tercapai,” pungkasnya. (abi)

Related posts

Perluas Kerjasama, Unitomo Teken MoU dengan PT. Tomodachi Indonesia Gemilang

adminredaksi

Puluhan Produk Inovasi Dipamerkan Dalam Penutupan KKN Mahasiswa UM Surabaya

adminredaksi

Usia 9 Tahun, Unusa Raih Peringkat 1 Publikasi Scopus

adminredaksi