15 April 2024
INFODIS.ID
HeadlineINFO DAERAH

Pemkab Pamekasan Fasilitasi Komunitas Lestarikan Budaya Madura

Pamekasan, infodis.id – Pemerintah Kabupaten Pamekasan, Madura, Jawa Timur, memfasilitasi komunitas yang ada di daerahnya untuk melestarikan budaya Madura. Fasilitasi tersebut berupa dana hibah dan panggung pertunjukan.

Penjabat Bupati Pamekasan, Masrukin, mengatakan, pihaknya prihatin atas terkikisnya bahasa Madura seiring dengan majunya teknologi dan perkembangan zaman lainnya.

“Dimana-mana bahasa daerah itu mulai terkikis, mungkin yang paling halus itu sudah hilang,” katanya saat silaturrahim Dhu’remmek (komunitas, red) dengan Pj Bupati Pamekasan di Peringgitan Dalam Mandhapa Aghung Ronggosukowati. Senin (6/11/2023).

Dia berharap komunitas yang ada di daerahnya bisa fokus terhadap bidang-bidang tertentu, seperti membidangi seni Madura, bahasa Madura, atau komunitas yang dapat menghasilkan produk hukum pelestarian bahasa Madura, serta bidang lainnya yang dapat bermanfaat kepada masyarakat.

“Jangan sampai jadi komunitas yang penting ngopi bareng, ini kan eman. Karena memelihara budaya itu penting, jadi nawaitunya (niatnya) harus sama,” harap mantan Sekda Pamekasan tersebut.

Mantan Kepala Satpol PP Pamekasan ini juga berharap komunitas yang ada di daerahnya dapat memberikan edukasi kepada generasi muda yang minim pengetahuan tentang sejarah, situs Madura, perubahan nama daerah di Pamekasan, dan kebudayaan Madura lain dengan cara bersinergi dengan pemerintah daerah. (ery)

Related posts

Cangkrukan Bersama Warga, Kapolresta Sidoarjo Jamin Pilkades Aman

adminredaksi

Faisol Riza, Sosok Peduli yang Tak Henti Berjuang untuk Rakyat

Jelang Tutup Tahun 2021, Polresta Sidoarjo Musnahkan Ribuan Barang Bukti Narkoba dan Miras

adminredaksi