21 Februari 2024
INFODIS.ID
HeadlineIndeks BeritaINFO DAERAH

Pemkot Malang Kuatkan Forum Kerukunan Umat Beragama

Wali Kota Malang Drs. H. Sutiaji saat menghadiri cara Kesbangpol/malangkota

Malang, Infodis.id – Pemerintah Kota (Pemkot) Malang melalui Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) menggelar Fasilitasi Forum Kerukunan Umat Beragama Kota Malang dalam rangka mewujudkan moderasi beragama menuju Malang kota toleran di aula Kantor Kecamatan Lowokwaru, Jumat (11/3/2022).

Wali Kota Malang Drs. H. Sutiaji dalam arahannya menyampaikan, bahwa Kota Malang sebagai miniatur nusantara yang memiliki keragaman suku, bahasa, adat, budaya, ras, agama dan keragaman lainnya. Sejak dulu Kota Malang memiliki lingkungan sosial yang kondusif yang turut melahirkan ekosistem pembangunan yang sehat, tentram dan damai.

“Hal ini menjadi daya tarik bagi ratusan ribu pendatang, mahasiswa maupun pekerja dari berbagai daerah sehingga sering menjadi barometer toleransi nasional,” papar Sutiaji.

Sutiaji menuturkan, potret demografi di Kota Malang yang beragama Islam ada 843.231 jiwa, serta ada 1.528 masjid atau musala. Kemudian untuk yang beragama Konghucu 148 jiwa dan satu Klenteng, agama Kristen Protestan 52.284 jiwa, Kristen Katolik 34.439 jiwa dengan 106 gereja. Penghayat Kepercayaan ada 101 jiwa, Hindu 1.527 jiwa dengan lima Pura dan yang beragama Budha 4.585 jiwa dan ada sembilan Vihara.

“Kondisi Kota Malang kondusif, umat Islam yang mayoritas menghargai yang minoritas dan sebaliknya, itulah Kota Malang. Sehingga jika ada intrik-intrik Kota Malang akan dijadikan kota syariah dan lainnya itu hoaks. Itu akan bertentangan dengan makna Malangkuçeçwara,” jelasnya.

Related posts

Gubernur Khofifah Lepas Kontingen Jatim ke Ajang POPNAS XVI

Warga Nambangan Datangi Komisi C, Terkait Persoalan Lahan

adminredaksi

Puluhan Pelajar Diamankan saat Pesta Miras di Bawah Flyover Gubeng