21 Februari 2024
INFODIS.ID
HeadlineIndeks BeritaINFO DAERAH

Penghuni Liponsos Over Kapasitas, Dinsos Kirim ODGJ ke Balai Kemensos

Surabaya, Infodis.id – Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya terus berupaya meningkatkan pelayanan di Lingkungan Pondok Sosial (Liponsos) Keputih. Upaya tersebut dilakukan dengan cara berkolaborasi, antara Dinas Sosial (Dinsos) Surabaya dengan Pemerintah Pusat, yaitu mereferalkan (mengirim) 200 Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) dan disabilitas ke berbagai balai rehabilitasi yang ada di luar Jawa Timur.

Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Kota Surabaya Anna Fajriatin mengatakan, sebelum para ODGJ dan disabilitas itu dikirim ke balai-balai yang ada di luar Jawa Timur, di Liponsos Keputih ada 900 ODGJ. Jumlah ini tentunya membuat Liponsos Keputih over kapasitas dan membuat pendamping ODGJ kewalahan.

“Dengan kuota sebanyak itu, kemudian kami mencoba mereferalkan atau berkomunikasi dengan Kementerian Sosial (Kemensos) RI. Setelah kami sampaikan, Alhamdulillah mulai kemarin itu ada seleksi, ODGJ mana saja yang bisa dibawa untuk direhab ke tempat lain,” kata Anna, Kamis (3/2/2022).

Anna menjelaskan, seorang ODGJ juga harus punya hidup yang layak, seperti halnya manusia normal. Maka dari itu, Anna tidak bisa tinggal diam membiarkan kapasitas Liponsos yang kian penuh.

“Adanya keterbatasan ini, kita tidak bisa tinggal diam. Karena mereka (ODGJ) juga punya hak untuk hidup lebih baik. Kalau terlalu banyak, kita tidak maksimal, karena pendamoing kita juga terbatas,” ujar Anna.

Related posts

Rakor Monitoring Program Migor Curah Rakyat Jawa-Bali, Ini Pesan Marves Luhut

adminredaksi

Semarak Kemerdekaan 17 Agustus, Mahasiswa KKN dan Masyarakat Lepaskan 200 Ekor Burung ke Alam Bebas

Jabrid

Selama Libur Lebaran, 75 Ribu Wisatawan Serbu Destinasi Banyuwangi

adminredaksi