15 April 2024
INFODIS.ID
HeadlineOPINI

Menunggu Bangkitnya Suroboyo Kutho Lawas

KOTA Surabaya semakin hidup, seiring dengan hadirnya destinasi wisata di beberapa tempat. Tak hanya di pusat kota, juga di sejumlah wilayah.

Bicara soal destinasi wisata di Kota Pahlawan, belum lama ini, pada 22 September 2023, Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi menyatakan berencana membangkitkan kawasan kota tua di Surabaya Utara, yakni di sepanjang Jalan Karet.

Selain Jalan Karet, Jalan Kalimas Selatan yang berada di balik Jalan Karet juga akan “disentuh”.

Nama yang diusung untuk wisata kawasan kota tua itu adalah ‘Suroboyo Kutho Lawas’.

Tapi, ini merupakan Pekerjaan Rumah atau PR panjang, sebab, tidak mudah untuk mengubah kawasan itu menjadi destinasi wisata yang nantinya menjadi jujugan wisatawan, perlu kerjasama banyak pihak.

Sebagai gambaran, pada pagi hari mulai pukul 08.00 WIB, Jalan Karet dan Jalan Kalimas Selatan, merupakan kawasan padat, di sana banyak perkantoran dan pergudangan.

Apalagi di Jalan Kalimas Selatan, kawasan ini tidak hanya disesaki dengan bongkar muat truk, ditambah dengan beberapa truk besar yang parkir hingga malam hari.

Belum lagi jalannya masih makadam dan banyak kerusakan di bibir sungai serta pohon liar yang tak terawat.

Kegiatan di kawasan tersebut mulai meredup saat pukul 16.30 WIB. Nah, menjelang malam hari, kawasan ini nantinya akan berubah menjadi kawasan wisata.

Meski demikian, Wali Kota Surabaya menargetkan, sebelum 31 Desember 2023, ‘Suroboyo Kutho Lawas’sudah harus jadi.

Rencananya di kawasan tersebut akan melibatkan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), tujuannya untuk mengangkat ekonomi kerakyatan di wilayah setempat.

Jalan Karet menyimpan banyak history, Jalan Karet sudah ada sejak 1700-an dan semakin berkembang ketika Vereenigde Oostindische Compagnie (VOC) menguasai Surabaya sekitar 1740-an.

Pada abad ke-19, Jalan Karet termasuk salah satu jalur perdagangan lantaran terdapat Pelabuhan Kalimas.

Saat ini warga Kota Surabaya menanti Bangkitnya Wisata Kota Tua yang berada di kawasan Surabaya Utara yang nantinya disebut “Suroboyo Kutho Lawas”. (***)

Iskandar Pribowo
Pendiri INFODIS.ID

 

Related posts

Jelang Idul Adha, Harga Sejumlah Kebutuhan Pokok Merangkak Naik

Sekar Perhutani Mengadu ke DPD RI, Minta Kementerian LHK Batalkan SK 287/2022

adminredaksi

ITS Salurkan Inovasi Air Purifier dan Masker Antiviral ke Masyarakat

adminredaksi