21 Februari 2024
INFODIS.ID
HeadlineIndeks BeritaINFO DAERAH

Soal Penyimpangan Penghuni Rusun, Pemkot Surabaya Perbaiki Manajemen hingga Ciptakan Aplikasi Pendataan

Surabaya, Infodis.id – Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya akhirnya angkat bicara soal banyaknya temuan penyimpangan penghuni rusun yang ditemukan dan diadukan oleh para anggota dewan. Ternyata, berbagai temuan itu sudah terdengar dan sudah dilakukan pendataan ulang oleh pemkot. Bahkan, kini pemkot sedang memperbaiki manajemen hingga menciptakan aplikasi untuk mendata seluruh penghuni rusun di Surabaya.

Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman serta Pertanahan (DPRKPP) Kota Surabaya Irvan Wahyudradjad memastikan bahwa pihaknya melakukan pendataan dan verifikasi ulang mulai bulan Januari 2022 hingga saat ini. Hasilnya, memang ada beberapa penyimpangan soal penghuni rusun itu. Di antaranya penghuni yang tidak masuk ke dalam Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR), padahal jika sesuai Peraturan Daerah (Perda), peruntukan rusun itu untuk MBR.

Bahkan, ketika ada temuan dari dewan bahwa ada penghuni rusun dari ASN, Irvan juga tidak menyangkalnya. Ia menyebutkan bahwa berdasarkan data yang dimilikinya, ada sebanyak 87 ASN yang masih menghuni rusun, terdiri dari 65 ASN aktif dan 22 diantaranya pensiunan ASN.

“Tentunya, penanganannya berbeda-beda antara ASN yang masih aktif dan pensiunan, masih kita kaji lebih lanjut. Namun yang pasti, kalau ASN aktif tidak akan masuk ke dalam data MBR,” kata Irvan, Senin (7/2/2022).

Related posts

Ini Tanggapan bankjatim Terkait Dugaan Fraud di Unit Usaha Syariah Cabang Sidoarjo dan Mojokerto

adminredaksi

Pertama Digelar Pascapandemi, Sekda Pimpin Upacara Tingkat Setda Jabar

adminredaksi

Ubud Siap Jadi Destinasi Gastronomi Kelas Dunia