15 April 2024
INFODIS.ID
HeadlineINFO TEKNOLOGI

WhatsApp Hadirkan Fitur Baru untuk Lindungi Privasi Pengguna

Jakarta, infodis.id- WhatsApp, aplikasi pesan instan populer, menghadirkan fitur baru untuk melindungi privasi penggunanya. Fitur ini bernama Protect IP Address in Calls, yang berfungsi untuk menyembunyikan alamat IP pengguna saat sedang melakukan panggilan suara melalui WhatsApp.

Fitur ini hadir di update versi 2.23.21.88 yang sudah tersedia untuk Android dan iOS sejak bulan Oktober lalu. Selain menambahkan fitur Protect IP Address in Calls, dalam update tersebut mereka juga menambahkan fitur baru yang bernama Silence Unknown Callers.

Bagaimana cara kerja fitur Protect IP Address in Calls?

Tanpa menggunakan fitur ini, alamat IP pengguna bisa diketahui oleh orang lain saat sedang melakukan panggilan suara melalui WhatsApp. Jika alamat IP diketahui oleh orang tidak bertanggung jawab, kemungkinan terburuknya adalah orang itu dapat melacak lokasi pengguna WhatsApp.

Dengan fitur Protect IP Address in Calls, alamat IP akan disembunyikan dengan cara melewatkan semua panggilan suara melalui server milik WhatsApp. Jadi, pengguna akan merasa lebih aman ketika mengangkat panggilan telepon dari orang tak dikenal sekalipun.

Fitur ini bersifat opsional

Fitur baru ini bersifat opsional untuk seluruh pengguna WhatsApp. Jadi, setelah melakukan update, kedua fitur ini tidak langsung aktif dengan sendirinya. Pengguna harus mengaktifkannya secara manual melalui Settings, lalu masuk ke Privacy, dan fitur ini berada di menu paling bawah.

Penurunan kualitas audio

Sayangnya, fitur ini berpotensi menyebabkan penurunan kualitas audio saat sedang melakukan panggilan suara. Pihak WhatsApp sendiri sudah memperingatkan pengguna mengenai penurunan kualitas ini di deskripsi fitur Protect IP Address in Calls ini.

Namun, untuk yang memang butuh keamanan ekstra, hal seperti ini seharusnya bisa dimaklumi.(ery)

Related posts

Dukung Aksi Unjuk Rasa ADMI Soal Dugaan Pungli Rekrutmen PTT di Diskominfo Jatim, Aktivis 98: Gubernur Harus Tegas!

adminredaksi

Terindikasi Hotspot, PLN Kerahkan Tim Elite PDKB Amankan Jalur Pasokan Listrik Industri Sidoarjo

adminredaksi

Sapa Pekerja, Gubernur Khofifah Pastikan THR Dibayar Penuh dan Cair Maksimal H-7 Lebaran

adminredaksi