25 Februari 2024
INFODIS.ID
HeadlineIndeks BeritaINFO BISNISINFO NASIONAL

Mendag Lutfi Sebut Ekonomi Indonesia Maju Karena UKM Kuat

Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi/Ist

Jakarta, Infodis.id – Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi mengungkapkan, Indonesia berpeluang menjadi negara dengan ekonomi maju di dunia. Hal disebabkan Indonesia mempunyai pelaku usaha kecil dan menengah (UKM) yang kuat.

Hal ini disampaikan Mendag Lutfi saat membuka acara Briefer’s Event Empowering SMEs To Recover Stronger secara virtual pada hari ini, Jumat (11/3/2022).

“Indonesia adalah negara kuat dan pasti bisa maju karena memiliki UKM yang kuat, mempunyai kualitas manusia yang besar, bertanggung jawab, dan saling gotong royong. Indonesia akan menjadi salah satu negara paling maju di dunia,” kata Mendag Lutfi, melalui keterangan tertulis yang diterima Redaksi INFODIS, Minggu (13/3/2022)

Mendag menyampaikan, UKM berkontribusi terhadap 61,97 terhadap produk domestik bruto (PDB) Indonesia serta menyerap lebih dari 97 persen tenaga kerja pada 2021. Namun, dari sisi ekspor pada triwulan ketiga 2021, kontribusi UKM terhadap ekspor nonmigas Indonesia baru mencapai 15,65 persen. Dari segi jumlah pelaku, hanya sekitar 16,96 persen eksportir yang berasal dari UKM.

Adapun produk UKM yang diekspor di antaranya produk mesin sederhana, aksesoris kendaraan, peralatan rumah tangga, produk kayu, tekstil, dan hasil laut.

“Untuk itu, kita perlu melihat tantangan ke depan untuk memajukan usaha sebagai pilar utama memajukan Indonesia,” tandas Mendag Lutfi.

Related posts

‘Sambat Nang Cak Eri’, Penyandang Disabilitas Mengeluh Soal Permakanan, Wali Kota Surabaya Segera Evaluasi

adminredaksi

Dinsos Surabaya Paparkan Indikator IKO

adminredaksi

Wakil Wali Kota Malang Apresiasi Program Pendampingan Kemenkeu

adminredaksi