15 April 2024
INFODIS.ID
INFO DAERAH

Peringati Bulan K3 Nasional, SPTP Ajak TKBM Tingkatkan Safety Awareness di Lingkungan Kerja

Surabaya, infodis.id – Memperingati Bulan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Nasional tahun 2024, PT Pelindo Terminal Petikemas menggandeng Tenaga Kerja Bongkar Muat dalam kegiatan bertajuk “Ngobras TKBM” Ngobrol Santai TKBM Sharing Knowledge CoP (Community of Practice) terkait budaya K3 pada terminal petikemas.

Sekretaris Perusahaan Widyaswendra mengatakan program ini melibatkan sedikitnya 850 TKBM di 35 terminal seluruh unit kerja SPTP Group. Menurutnya kegiatan ini penting untuk meningkatkan kesadaran budaya K3 melalui berbagai pengalaman antar peserta.

“Kegiatan ini merupakan upaya edukasi yang interaktif dari perusahaan untuk membekali para pekerja yang berkegiatan di pelabuhan, dimana para peserta dapat membagikan pengalamannya mengenai implementasi budaya K3 dalam keseharian, sehingga output yang terbentuk adalah komitmen jangka panjang untuk disiplin melaksanakan budaya K3,” jelasnya dalam keterangan tertu;is, Jumat (1/3/2024).

Selain itu, kegiatan ini merupakan bagian dari safety transformation untuk mewujudkan kegiatan operasional terminal peti kemas yang aman dan lebih efektif. Kegiatan ini berlangsung dari tanggal 1-16 Februari 2024

Menurut Widyaswendra, terselenggaranya forum ini memungkinkan peserta menyampaikan saran dan masukan kepada manajemen Pelindo atas isu dan potensi bahaya yang ada di terminal.

Kegiatan Ngobras mendapat sambutan baik oleh TKBM dari beberapa unit yang telah melaksanakan, di antaranya Samsul, TKBM TPK Ambon yang menyampaikan ucapan terima kasihnya kepada Pelindo atas terselenggaranya program ini.

Setelah mengikuti Ngobras, peserta menjadi lebih tahu cara kerja yang aman, cara menggunakan APD yang benar, dan perilaku aman dalam bekerja yang seharusnya dilakukan. Ia berharap SPTP dapat mengadakan kegiatan ini secara rutin. (isa)

 

Related posts

UMKM Harus Waspada, Jangan Mudah Tergiur Pinjol Ilegal

adminredaksi

Pemkot Surabaya Permudah Pengurusan NIB UMKM

adminredaksi

Antusias, Warga Luar Bojonegoro Banyak yang Ingin Ikut Beasiswa RPL Desa

adminredaksi