27 April 2024
INFODIS.ID
HeadlineINFO PEMERINTAHAN

Pesona Indonesia Kembali Memikat India di Outbound Travel Mart Mumbai 2024

Jakarta, infodis.id – Indonesia kembali menyapa pasar India dengan penuh pesona di ajang Outbound Travel Mart (OTM) Mumbai 2024. Keikutsertaan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf/Baparekraf) dalam pameran pariwisata terbesar di India ini menjadi bukti nyata komitmen Indonesia untuk menarik wisatawan India dan memperkuat hubungan bilateral kedua negara.

India merupakan pasar wisatawan mancanegara (wisman) yang potensial bagi Indonesia. Pada tahun 2023, India menempati urutan ke-6 sebagai negara dengan jumlah kunjungan wisman terbanyak di Indonesia dan urutan ke-2 di Bali (setelah Australia). Data menunjukkan bahwa jumlah wisman India ke Indonesia terus meningkat, dengan total 541.567 wisatawan pada November 2023, atau 148% lebih tinggi dibandingkan periode yang sama di tahun 2022.

“India merupakan salah satu pasar wisata utama kami, dan kami melihat pertumbuhan luar biasa dalam jumlah wisman India ke Indonesia,” ungkap Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Baparekraf), Sandiaga Salahuddin Uno, dalam keterangan resmi Rabu (7/2/24)

“Partisipasi Indonesia di OTM Mumbai 2024 merupakan strategi promosi internasional yang fokus pada pasar utama, dengan tujuan untuk meningkatkan jumlah wisman India dan memperpanjang lama tinggal mereka di Indonesia,” imbuh Sandiaga.

OTM Mumbai 2024 menghadirkan berbagai peluang bagi Indonesia untuk mempromosikan destinasi wisata unggulan, seperti Bali, Lombok, Yogyakarta, dan Labuan Bajo. Selain itu, pameran ini juga menjadi platform ideal untuk memperkenalkan produk dan layanan ekonomi kreatif Indonesia, seperti kuliner, fesyen, dan kerajinan tangan.

Di OTM Mumbai 2024, Indonesia menempati booth seluas 108 meter persegi yang menampilkan berbagai atraksi wisata menarik. Booth ini dihiasi dengan dekorasi khas Indonesia yang penuh warna dan budaya. Para pengunjung dapat merasakan langsung keramahan Indonesia melalui berbagai kegiatan, seperti pertunjukan seni budaya, demo kuliner, dan pameran produk ekonomi kreatif.

Keikutsertaan Indonesia di OTM Mumbai 2024 diharapkan dapat meningkatkan awareness dan minat wisatawan India untuk mengunjungi Indonesia. Selain itu, pameran ini juga diharapkan dapat mendorong kerjasama dan kemitraan antara pelaku industri pariwisata dan ekonomi kreatif Indonesia dan India.

Pesona Indonesia yang mempesona dan keramahan penduduknya siap menyambut wisatawan India untuk merasakan pengalaman wisata yang tak terlupakan. OTM Mumbai 2024 menjadi langkah awal yang kokoh untuk memperkuat hubungan bilateral dan membuka peluang baru di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif antara Indonesia dan India.(ery)

Related posts

Pesan Evy Haryadi Saat Pengukuhan MKI Jatim

Sengit Bertanding Empat Bulan, Batavia Demons Juarai Liga Hoki Es 2022

adminredaksi

Pemkot Surabaya Sabet Dua Penghargaan di Ajang UI Green City Metric 2023