13 Juli 2024
INFODIS.ID
HeadlineIndeks BeritaINFO DAERAHINFO PEMERINTAHAN

Renja Perangkat Daerah untuk Capai Target Pembangunan Tahun 2023 Diuji

Malang, Infodis.id – Rencana kerja (renja) yang disiapkan setiap perangkat daerah untuk mencapai target pembangunan tahun 2023 diuji secara mendalam di hadapan Wali Kota Malang, Drs. H. Sutiaji bersama Wakil Wali Kota Malang Ir. H. Sofyan Edi Jarwoko dan tim ahli dari kalangan akademisi di Hotel Grand Mercure Malang Mirama, Selasa (26/4/2022).

“Penekanannya programnya itu harus dirasakan oleh rakyat. Apa yang masuk di RKPD itu perlu dirasionalisasi. Rasionalisasinya bagaimana, yaitu sesuai dengan komitmen apa yang tertuang di rencana rencana pembangunan jangka menengah daerah (RPJMD) dan lelang kinerja. Jadi membangun sebuah komitmen,” papar Sutiaji.

Orang nomor satu di Pemkot Malang tersebut menekankan perlunya rasionalisasi dalam penyempurnaan perencanaan anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD).

Sehingga dapat mengoptimalisasi pemanfaatan programnya untuk masyarakat, tepat sasaran, efektif dan efisien, memberikan nilai tambah, dan peningkatan pelayanan publik. Selain itu, menggali potensi apabila ada program yang kekurangan anggaran, dari mana disaring.

Terkait pelibatan akademisi dalam kegiatan, Sutiaji menegaskan bahwa hal tersebut sangat penting agar perspektif birokrasi Pemkot Malang semakin terbuka dan kaya akan perkembangan keilmuan dan pengetahuan, baik yang bersifat makro tata kelola maupun spesifik terhadap setiap isu strategis yang menjadi tantangan pembangunan.

Related posts

Ini yang Harus Dilakukan Sebelum, Sesaat, dan Sesudah Gempa Bumi

adminredaksi

Camat – Lurah Surabaya Buka Layanan Sayang Warga di Balai Warga, Ini Jadwalnya

adminredaksi

Menengok Keseruan Siswa Sekolah Live in di Desa Wisata Binaan Bakti BCA

adminredaksi