27 April 2024
INFODIS.ID
HeadlineIndeks BeritaINFO BISNIS

2021, XL Axiata Berhasil Tingkatkan Performa Perusahaan, Raih Laba Bersih Rp 1,3 Triliun

Perseroan juga berhasil menjaga ARPU blended di angka Rp 36 ribu, dengan jumlah pelanggan XL Axiata hingga akhir tahun 2021 ada sebanyak 57,9 juta dan tingkat penetrasi smartphone meningkat sebesar 4% YoY menjadi 92%. Hal ini menunjukkan kemampuan perseroan menjaga perkembangan pelanggan yang sehat.

Dari sisi neraca, XL Axiata tetap mampu menjaga posisi neraca dalam posisi sehat dan terkendali, meskipun jumlah utang meningkat sepanjang 2021. Tercatat, utang kotor meningkat 9,9% YoY dan utang bersih meningkat 19,2% YoY. Free Cash Flow (FCF) berada pada tingkat yang sehat, meskipun turun sebesar -51,3%, ke angka Rp 3,37 triliun karena adanya peningkatan belanja modal (capex) untuk mendukung pembangunan jaringan dan peningkatan pelayanan kepada pelanggan.

Untuk rasio utang bersih terhadap EBITDA juga masih baik mencapai 0,6x. Perusahaan tidak memiliki utang berdenominasi USD. Sebesar 70% dari pinjaman yang ada saat ini berbunga mengambang (floating) dan pembayarannya masih dapat dikelola hingga dua tahun ke depan.

Related posts

Kabar Baik bagi UMKM, Moxa – FIFGROUP Beri Pinjaman Modal Usaha hingga Rp 500 juta

Editor: [ Iskandar Pribowo ]

Sarapan Sehat ala dr Zaidul Akbar: Sederhana, Menyehatkan, dan Menyenangkan

Gaji Baby Sitter ‘Anak Adopsi’ Ivan Gunawan Capai Rp 7,5 Juta, Ini Tugasnya

adminredaksi