16 April 2024
INFODIS.ID
HeadlineIndeks BeritaINFO PARIWISATA

Gunung Pranti Punden Keramat Jadi Ikon Wisata Religi

Blitar, Infodis.id – Gunung Pranti secara administrasi masuk kawasan Desa Kaulon Kecamatan Sutojayan Kabupaten Blitar.

Bagi para pelancong yang ingin berjiarah, atau hanya sekedar ingin menikmat indahnya panorama alam puncak Gunung Peranti, ada dua jalur akses jalan yang bisa ditempuh yakni melalui jalur barat lewat kelurahan Kembangarum, Kelurahan Jegu Kecamatan Sutojayan, dan dari arah Timur melewati Desa Ngembul, Desa Kedungwungu Kecamatan Binangun.

Gunung Peranti merupakan punden desa yang sangat dihormati dan dikeramatkan oleh penduduk Desa Kaulon. Untuk menghormati serta menjaga kesakralan tempat keramat ini Pemerintah Desa Kaulon bersama masyarakat setiap tahunnya mengadakan kegiatan ritual sedekah bumi yang digelar di puncak Gunung Peranti secara turun temurun sejak zaman dahulu hingga sekarang.

Asal muasal nama Pranti atau Peranti dalam legenda sejarah babat Lodoyo pada kisah antara tahun 1704-1719 terjadi perang dingin antara raja Surakarta Sri Susuhunan Paku Buwono I dengan saudara tuanya dari garwo selir bernama Pangeran Prabu yang merasa kecewa tidak dinobatkan menjadi raja.

Dari sinilah timbul perselihan keluarga yang mengakibatkan Pengeran Prabu mendapat hukuman dikeluarkan dari lingkup kerajaan dan di usir kearah timur menuju alas (hutan-red) Lodoyo, yang pada waktu itu merupakan hutan sangat angker istilah jawa menyebut jalmo Moro jalmo mati dengan pengharapan Pangeran Prabu mati dimakan hewan buas atau di kroyok para dedemit penghuni hutan Lodoyo.

Namun rupanya Tuhan berkendak lain, Pangeran Prabu masih tetap hidup walaupun hidupnya terlunta-lunta ditengah hutan yang hanya ditemani oleh istri setianya Putri Wandansari bersama abdi kinasihnya.

Related posts

Dinkes Laporkan Dugaan Sindikat Jual Beli Vaksin Booster di Surabaya

adminredaksi

Bupati Hendy Setujui Usulan PLN UP3 Jember Tentang Pemanfaatan FABA

adminredaksi

Tantangan Dunia Kesehatan di Masa Depan, Wali Kota Eri: Ilmu Kedokteran akan Jadi Ujung Tombak Kemakmuran Negara

adminredaksi