25 Februari 2024
INFODIS.ID
HeadlineIndeks BeritaINFO DAERAH

Tim ITS Ambil Peran untuk Penanganan Erupsi Gunung Semeru

Kunjungan lapangan/Ist

Lumajang, Infodis.id – Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) menunjukkan perhatiannya terhadap bencana erupsi Gunung Semeru yang terjadi pada 4 Desember lalu melalui kunjungan ke Dusun Umbulan, Desa Supiturang, Kecamatan Pronojiwo, Lumajang selama tiga hari sejak Senin (13/12/2021) lalu.

Kunjungan dilakukan oleh tim dari Pusat Penelitian Mitigasi, Kebencanaan, dan Perubahan Iklim (Puslit MKPI) ITS yang bekerja sama dengan tim dari Ikatan Alumni (IKA) ITS.

Peneliti senior dari Puslit MKPI ITS Dr Ir Amien Widodo MSi mengatakan bahwa erupsi Gunung Semeru mengeluarkan dua hal yaitu awan panas dan banjir lahar. Awan panas memiliki kecepatan hingga 200 kilometer per jam dan bisa mencapai suhu melebihi 100 derajat Celcius yang berdampak pada terbakarnya pohon di daerah aliran sungai.

Dari hal tersebut, menurut Amien, perlu adanya kewaspadaan yang tinggi untuk penduduk sekitar terutama yang berada di tepi sungai.

“Kami harap adanya komunikasi antara penduduk daerah hulu dengan hilir saat terjadi erupsi seperti diadakan tombol bahaya bencana,” tuturnya, melalui keterangan tertulis yang diterima Redaksi, Sabtu (18/12/2021).

Related posts

Pelaku Ranmor Terekam CCTV, Sehari Satroni Dua TKP

Bukan Cuma Usia, Chairman John Caine Centre Juga Soroti Kedewasaan Sejumlah Parpol

Kapal Pesiar MS. Amera Sandar Perdana di Pelabuhan Tanjung Emas

adminredaksi