16 April 2024
INFODIS.ID
HeadlineIndeks BeritaINFO DAERAHINFO PENDIDIKAN

Pengmas Unusa Berhasil Atasi Krisis Air di Ponpes Addurriyah Nyantren

Surabaya, Infodis.id – Terkait dengan penerapan sistem pemanena air terpadu dan filtrasi berbasis saringan pasir lambat dikombinasikan dengan karbon aktif sebagai upaya mengentaskan krisi air bersih secara mandiri dan berkelanjutan,
Pengabdian masyarkat (Pengmas) Unusa telah berhasil mengatasi krisis air di Pondok Pesantren Addurriyah Nyantren Desa Bangkes, Kadur, Pamekasan.

Pengmas yang diwujudkan dalam bentuk pembangunan instalasi air bersih tersebut telah diserahterimakan dari Unusa kepada pengasuh pondok pasantren pada 25 Desember 2021.

Selain penyerahan satu paket intalsasi air bersih, sebelumnya kegiatan Pengmas juga memberikan pelatihan bagaimana warga ponpes dan masyarakat sekitarnya dapat mengelola dan menyiapkan air bersih untuk keperluan sehari-hari.

Dalam acara penyerahan instalasi air bersih tersebut hadir Wakil Rektor II, Ir Muhammad Faqih, MSA., Ph.D dan beberapa tokoh masyarakat, anggota DPRD Kab. Pamekasan serta beberapa pimpinan ponpes di Pamekasan.

Kyai As’ad, Ketua Yayasan Khalid bin Walid yang menaungi Ponpes Addurriyah berterima kasih atas apa yang sudah diberikan Unusa melalui Pengmas terkait dengan pembangunan dan pelatihan untuk mengelola air bersih.

“Sebelumnya kondisi air di sini sangat keruh dan tidak layak konsumsi. Padahal air sangat dibutuhkan bagi santri, baik untuk mandi, wudhu hingga masak. Saya berterima kasih ada kampus yang tergerak untuk melakukan pengabdian masyarakat agar air layak digunakan. Selama ini kami kesusahan dalam memperoleh air bersih apalagi masuk musim kemarau, air sangat susah,” terangnya melalui keterangan tertulis yang diterima Redaksi, Rabu (29/12/2021).

Related posts

Wali Kota Eri – Forkopimda Surabaya Keliling TPS, Cek Kesiapan Jelang Coblosan

Jalan Cepat, Salah Satu Olahraga yang Bisa Membantu Memperpanjang Usia dan Mengurangi Risiko Kematian Dini

adminredaksi

Gubernur Khofifah Dukung Penuh IKM Kendang Djimbe Blitar Sebagai Desa Devisa

adminredaksi