Mahasiswa ITS Teliti Buah Butun sebagai Anestesi Alami Ikan Kerapu

oleh -35 Dilihat
Analisis kondisi buah butun/Ist

Surabaya, Infodis.id – Berawal dari sebuah mimpi tentang nelayan Indonesia agar terus bisa mewujudkan Sustainable Development Goals (SDGs) dalam hal revitalisasi perikanan, memotong jalur distribusi, dan meningkatkan kualitas ikan.

Untuk itu, tim mahasiswa Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) menggagas penelitian dengan menguji efektivitas biji buah butun secara kuantitas dan kualitas (uji fitokimia) terhadap survival rate ikan kerapu cantang.

Mereka adalah para mahasiswa dari Departemen Teknik Kimia ITS angkatan 2021. Terdiri dari Ramadhita Putra Purnomo, Dwi Mayasari, dan M Sahar Mahdan Ardli yang berhasil menuangkan gagasannya lewat karya tulis berjudul Pemanfaatan Ekstrak Biji Buah Butun (Barringtonia asiatica) sebagai Anestesi dengan Uji Fitokimia sebagai Solusi Distribusi Ikan Kerapu Cantang Hidup Segar.

Selaku ketua tim, Ramadhita Putra Purnomo menyebutkan, penelitian ini dilatarbelakangi dengan masih banyaknya nelayan yang mempertahankan kesegaran ikan dengan cara pembekuan. Padahal, hal tersebut berdampak negatif karena dapat menurunkan mutu ikan secara fisik, kimiawi, dan biologis.

“Oleh karena itu, diperlukan solusi inovatif untuk mengatasi masalah distribusi perikanan dengan mengoptimalkan potensi sumber daya alam Indonesia, salah satunya anestesi dengan buah butun,” jelasnya, melalui keterangan tertulis yang diterima Redaksi INFODIS, Jumat (14/4/2022).

Berdasarkan literatur penelitian, sifat anestesi tersebut didapatkan dari senyawa saponin yang terkandung di dalam buah butun. Maka dari itu, penelitian ini juga menyajikan data dan fakta mengenai efek anestesi melalui serangkaian metode ilmiah.

No More Posts Available.

No more pages to load.